>

Monday, June 24, 2013

Kenapa Bayi Ikut Golongan Darah Bapak dan Bukan Ibunya?

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Konsultasi Kesehatan Bersama

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD


dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD, Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Dok, saya ingin tanya masalah genetik. Mengapa bayi ikut golongan darah bapaknya, kenapa tidak ikut golonangan darah ibu? Sedangkan pernah saya baca itu pada janin kan peredaran darahnya bergantung pada ibunya dikarenakan organ si janin belum berfungsi secara maksimal. Terimakasih

Syarief (Pria lajang, 23 tahun)
syariefXXXXX@ymail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Golongan darah pada dasarnya selalu ditentukan oleh kombinasi antara bapak dan ibu. Saya pernah menjelaskan mengenai bagaimana golongan darah diwariskan dari kedua orang tua kepada anaknya di 'Orang tua golongan darah B, kenapa anaknya O ?'.

Jika misalnya si bapak memiliki golongan darah A dan si ibu memiliki golongan darah O. Si ayah dengan golongan darah A memiliki Allele AA, sementara si ibu memiliki Allele OO. Dalam situasi ini, semua anaknya akan mewarisi Allele AO. Manusia dengan Allele AO akan membawa antigen A dalam sel darah merahnya. Artinya, ia bergolongan darah A. Dalam situasi ini tampak bahwa seolah-olah golongan darah si anak mengikuti bapak, padalah sebenarnya ia adalah kombinasi Allele golongan darah dari bapak dan ibu.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

(hrn/vta)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini

24 Jun, 2013


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2db5f74a/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C240C1659370C22827410C8690Ckenapa0Ebayi0Eikut0Egolongan0Edarah0Ebapak0Edan0Ebukan0Eibunya/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita Kesehatan Terkini - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz