>

Wednesday, August 28, 2013

Program KB Turut Menyumbang 'Bonus Demografi' Hingga 2030

Tips Kesehatan Keluarga, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang banyak. Sampai tahun 2030 nanti, kondisi ini menjadi 'bonus demografi' bagi Indonesia, sebuah tahapan yang dimulai sejak awal tahun 1990-an sebagai dampak jangka panjang dari program KB.

"Kondisi ini dapat dikaitkan dengan dampak jangka panjang dari program Keluarga Berencana (KB) yang mulai dilaksanakan secara nasional sejak tahun 1970-an," papar Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Prof. dr Fasli Jalal, SpGK, PhD, dalam Seminar Nasional Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) 2013, di Hotel Bela International, Ternate, Maluku Utara, seperti ditulis Kamis (29/8/2013).

Dalam seminar yang bertemakan 'Melalui Seminar Kependudukan dan Keluarga Berencana Kita Mantapkan SDM yang Berwawasan Kependudukan', Fasli mengungkapkan tingginya tingkat kelahiran pada dekade 1960-1970an menyebabkan meningkatnya proporsi penduduk kelompok usia muda atau 15 tahun ke atas pada dekade 1990an.

Dinamika perubahan struktur usia ini berdampak pada menurunnya proporsi penduduk non-produktif dan meningkatnya proporsi penduduk usia produktif. Inilah bonus demografi yang menurut para ilmuwan sedang dinikmati oleh Indonesia sampai dengan sekitar tahun 2030.

Setelah itu, secara perlahan bonus tersebut akan hilang karena semakin membesarnya proporsi penduduk lanjut usia (65 tahun ke atas).

Secara demografis, besarnya proporsi penduduk usia produktif tersebut seharusnya menjadi potensi bagi pembangunan negara. Untuk mewujudkannya diperlukan usaha tak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari berbagai pihak.

"Ada 4 prasyarat yang harus dipenuhi, yaitu penduduk harus berkualitas; penduduk usia produktif harus terserap dalam pasar kerja; ada peningkatan tabungan di tingkat rumahtangga; serta peningkatan jumlah wanita yang masuk dalam pasar kerja," ujar Fasli.
(up/up)
Sumber: http://health.detik.com
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita Kesehatan Terkini - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz