>

Monday, June 17, 2013

Ibu Kesulitan Berjalan karena Sakit Pada Lutut dan Pahanya

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Salam Dok, ibu saya berumur 52 tahun, dan sekarang sulit berjalan karena merasakan sakit pada antara lutut dan pahanya, pernah ibu saya tidak bisa berjalan selama enam bulan, jadi kalau berjalan dahulu dengan menggunakan lututnya. Saya pernah memberikan obat herbal namun juga tidak berhasil.

Sekarang ibu saya sudah bisa berjalan walau pelan-pelan, tapi masih juga merasa sakit. Apakah ada kemungkinan masalah tulang atau masalah lain Dok? Masalahnya ibu saya tidak mau diperiksa ke dokter.

Sebagai info ibu saya gemuk dengan tinggi badan 164 cm dan berat badan 115, saya juga bingung cara alami untuk menurunkan berat badan ibu saya. Terimakasih Dok untuk pencerahannya.

Mhd. Syukri Adly (Pria lajang, 28 tahun)
arsymuhammadXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 166 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Mas Syukri yang berbakti pada orang tua,

Bila tidak ada riwayat cedera maupun penyakit apapun sebelumnya, dengan tinggi badan 164 cm, berat badan 115 kg, disertai dengan keluhan nyeri lutut, maka dugaan kami adalah Ibu Anda menderita osteoarthritis (OA) lutut, yaitu kelainan yang terjadi pada struktur anatomi di sendi lutut, yaitu: tulang, tulang rawan, ligamen dan otot.

OA lutut sering dialami oleh orang yang berusia lanjut. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tetapi diyakini bahwa hal ini berhubungan dengan proses penuaan (degenerative). Kelebihan berat badan pada Ibu Anda akan memperberat OA lututnya.

Berusahalah untuk meyakinkan Ibu Anda bahwa masih akan ada banyak hal yang beliau dapat kerjakan di usia 52 tahun apabila memiliki kondisi lutut yang bebas nyeri. Untuk itu perlu segera dilakukan pemeriksaan dan terapi terhadap keadaannya saat ini.

Keadaan ini belum tentu dilakukan operasi. Terapi OA lutut, meliputi: modifikasi gaya hidup, pemberian obat (medikasi), injeksi, fisioterapi, hingga operasi. Penentuan jenis terapi berdasarkan derajat keparahan OA lututnya.

Konsultasikan keadaan Ibu Anda ini pada dokter tulang (spesialis orthopaedi & traumatologi) di Rumah Sakit terdekat.

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy

Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya.

Anggota dari: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia (PABOI), Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy (IOSSMA)

Praktik: Klinik Spesialis Bethany Care, Jl. Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting)

Follow twitter @SbyKneeCenter

(hrn/vta)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini

17 Jun, 2013


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2d64835f/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C170C170A7180C22759390C150A30Cibu0Ekesulitan0Eberjalan0Ekarena0Esakit0Epada0Elutut0Edan0Epahanya/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita Kesehatan Terkini - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz