>

Tuesday, June 18, 2013

Yuk Perbanyak Senyum Agar Kesehatan Jantung Terjaga

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Senyum tidak hanya membuat wajah jadi lebih manis sehingga enak dilihat, bisa tetapi juga ada efek kesehatannya lho. Sebab dengan tersenyum, aliran darah lancar, sehingga kerja jantung 'kalem'.

"Usahakan kita selalu tersenyum agar jantung kita tetap sehat. Jagalah air muka kita, agar perasaan tetap tenang," ujar dr Zainal Muttaqien dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran UGM, dalam acara Pocari Sweat Seminar Haji 2013 dengan tema 'Risiko Dehidrasi di Tanah Suci' yang digelar di Le Meridien Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

dr Zainal menjelaskan tingkah laku manusia diatur oleh sistem saraf otonom. Sistem saraf ini terbagi menjadi tiga komponen yakni, pertama, saraf fagus yang terletak dari sekat rongga perut ke bagian tubuh atas. Saraf fagus ini berfungsi untuk kegiatan sosial.

Kedua, saraf symphatic atau stres yang berguna untuk mobilitas. Terakhir, fagus di bawah diafragma yang tidak berselaput.

Jika saraf-saraf tubuh tegang dan diliputi amarah, maka saraf sympathic atau stress akan bekerja. Akibatnya akan membuat tubuh menjadi letih, mudah lelah, daya tahan menurun, dan organ-organ tubuh pun terganggu fungsinya, terutama jantung.

Lantas bagaimana kuncinya agar bisa tetap tersenyum? Menurut dr Zainal, dengan senantiasa bersyukur dan bersabar dalam menghadapi sesuatu, maka seseorang akan lebih mudah tersenyum.

"Ibaratkan hidup ini lampu lalu lintas dan kita selalu berada dalam posisi lampu hijau. Tujuannya, agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa pula biasakan senyum, salam, dan sapa," tutur dr Zainal.

(vit/vit)

18 Jun, 2013


-
Source: http://health.detik.com/read/2013/06/18/162424/2277044/763/yuk-perbanyak-senyum-agar-kesehatan-jantung-terjaga
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita Kesehatan Terkini - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz